Menu

Mode Gelap
Pemkab Serang Diduga Serobot Lahan Eks Pasar Kragilan Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H,Warga Himalo Diaspora Gelar Doa Bersama Peradi Nusantara Berkomitmen untuk Menjadi Advokat Spesialis dengan Dukungan Ombudsman RI Konsolidasi dan Silaturahmi antara DPN dan DPD Peradi Nusantara Provinsi Jawa Barat Taufik Bagus Murdianto Calek NasDem Dapil III DKI Jakarta Konsen Terhadap Kesehatan

Entertaiment · 14 Okt 2021 11:22 WIB ·

PESAN BANG ZUL PADA PEMBUKAAN FESTIVAL QASIDAH TINGKAT PROVINSI NTB DI KSB


 PESAN BANG ZUL PADA PEMBUKAAN FESTIVAL QASIDAH TINGKAT PROVINSI NTB DI KSB Perbesar

Laporan : Didin Maninggara
TenarNews TV9

Festival Qasidah tingkat provinsi dibuka resmi Gubernur NTB, Zulkieflimansyah di Kabupaten Sumbawa Barat, Rabu sore, 13 Oktober 2021 yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Aparatur, Politik, Hukum dan Pelayanan Publik, Abdul Azis yang juga mantan Sekda Sumbawa Barat.

Dalam sambutan tertulis Gubernur yang dibacakan Abdul Azis, diawali ucapan terima kasih kepada Ketua Umum Dewan Perwakilan Daerah Lembaga Seni Qasidah Indonesia (DPD Lasqi) NTB, Hj. Niken Saptarini Wityawati, para pembina, pelatih, kafilah dan peserta festival, serta sejumlah tokoh agama, masyarakat dan pemuda yang hadir.

Gubernur menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh panitia festival.

“Karena dengan komitmen dan kerja keras panitia, even untuk tetap melestarikan budaya yang bernuansa Islam ini festival dapat terselenggara kembali hari ini di tempat ini,” ungkapnya.

Untuk tujuan melestarikan budaya bernuansa Islam itulah, Gubernur menitip pesan melalui Staf Ahlinya, bahwa festival qasidah kolaborasi ini merupakan forum suara bernafaskan didalamnya harus terkandung banyak seni dilestarikan, meliputi hal-hal berdimensi eduktif dan nasehat kehidupan.

Dengan intonasi semangat, Abdul Azis menyampaikan pesan tertulis Gubernur tentang perkembangan qasidah umumnya dan khususnya di NTB.

“Syukur Alhamdulillah, perkembangan qasidah saat ini bisa dibilang cukup baik,” tandas Bang Zul, sapaan akrab Gubernur ini.

Hal itu, menurutnya, ditandai dengan semakin banyaknya festival yang diselenggarakan, termasuk yang sedang berlangsung di kabupaten ini untuk tingkat Provinsi NTB.

Narasi yang dibacakan Abdul Azis dalam kapasitas Staf Ahli, diiringi semangat mendengar para yang hadir, membuat suasana pembukaan festival disambut penuh antusias masyarakat setempat dan pengunjung dari berbagai daerah se provinsi ini.

Suasana antusias tersebut seiring dengan yang disampaikan Gubernur, bahwa festival ini menunjukkan kondisi yang semakin diminatinya seni tarik suara qasidah.

“Hal ini tentunya menggembirakan bagi kita, karena eksistensi Lasqi harus selalu dipertahankan,” ujarnya.

Oleh karena itu, Gubernur menaruh harapan kepada Lasqi, untuk mampu menciptakan peluang kerja bagi para pekerja seni tarik suara qasidah.

Jika hal ini dapat diwujudkan Lasqi, Bang Zul yakini pekerja tarik suara qasidah tidak terpengaruh masuknya budaya asing yang dapat menggerus perkembangan sekaligus eksistensi seni qasidah di tengah arus deras globalisasi saat ini yang membawa multi perubahan.

Dalam perspektif perkembangan zaman kini dan yang akan datang, Gubernur menegaskan, pemerintah provinsi sangat mengapresiasi festival ini. Sebab, melalui event ini, akan terjaring bakat-bakat terbaik.

“Festival ini juga untuk mempersatukan umat Islam membangun ukhuwah Islamiyah,” tegasnya.

Lebih jauh Gubernur menjelaskan, keiikutsertaan para peserta pada festival ini, bukan hanya sekedar untuk mengejar prestasi semata, tetapi lebih dari itu merupakan wahana untuk melatih diri menjadi seorang hamba yang lebih baik dari waktu ke waktu.

“Prestasi dan perjuangan yang akan ditunjukkan pada momen ini, semoga dapat lebih dikuatkan dengan niat dan tujuan yang ikhlas mengharap ridho Allah SWT, sekaligus berkomitmen meningkatkan syiar Islam di seluruh pelosok negeri melalui festival qasidah ini,” pesan orang nomor Wahid di Bumi Gora, ini.

Dengan mengucapkan Basmallah, Gubernur Zul menyatakan secara resmi pembukaan festival ini, yang dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah setempat.

Seraya pula Gubernur berpesan, semoga Lasqi NTB terus mencari terobosan-terobosan kreatif yang mampu meningkatkan kreativitas peserta yang Insya Allah menjadi duta NTB dalam ajang nasional maupun internasional.***

Artikel ini telah dibaca 31 kali

Baca Lainnya

KOPERASI HKTI MINTA KORPORASI PERKEBUNAN TIDAK SEMENA MENA TERHADAP PETANI

17 Juli 2024 - 15:03 WIB

“SANG MUALLAF ” KISAH MENARIK UNTUK DI BACA DAN DI RENUNGKAN.

17 Juli 2024 - 05:46 WIB

DPRD Depok Gelar Rapat Paripurna, Persetujuan Raperda LPJ Anggaran 2023

16 Juli 2024 - 14:32 WIB

TRAMP Siap Hijaukan Dan Bersihkan Bantaran Sungai

16 Juli 2024 - 06:14 WIB

Daftar Kekayaan 34 Kapolda se-Indonesia, Ada yang 23 Miliar, Cek Sekarang

15 Juli 2024 - 12:14 WIB

Mesra,” SS & H.Encep gelar Pengukuhan BARESS

14 Juli 2024 - 11:26 WIB

Trending di Tenar News