Menu

Mode Gelap
Pemkab Serang Diduga Serobot Lahan Eks Pasar Kragilan Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H,Warga Himalo Diaspora Gelar Doa Bersama Peradi Nusantara Berkomitmen untuk Menjadi Advokat Spesialis dengan Dukungan Ombudsman RI Konsolidasi dan Silaturahmi antara DPN dan DPD Peradi Nusantara Provinsi Jawa Barat Taufik Bagus Murdianto Calek NasDem Dapil III DKI Jakarta Konsen Terhadap Kesehatan

Mimbar Agama · 1 Mar 2022 05:46 WIB ·

Dakwah Nusantara Al-Amien Mengokohkan Persaudaraan Ummat


 Dakwah Nusantara Al-Amien Mengokohkan Persaudaraan  Ummat Perbesar

Tenarnewstv9- Tangerang- Ikatan keluarga besar al-amien korda Jakarta mengadakan pengajian umum Isra Mi’raj Nabi Muhammad saw untuk penguatan peran alumni menjaga solidaritas ukwah menebarkan Islam Rahmatan Lil Amien. secara off line dalam rangka menyongsong hari peringatan Isra Mi’raj 1443 H. Acara ini akan terus diadakan minimal satu kali dalam satu tahun sebagai agenda rutin pengurus Iqbal.

Kontekstualisasi kegiatan ini dengan kondisi kebangsaan yang sedang menghadapi cobaan wabah covid serta berbagai macam bencana alam menjadikan acara ini bertemakan “Optimalisasi Peran Alumni dalam menebar dakwah penuh cinta untuk NKRI Damai “. Alumni sebagai pilar kekuatan menebarkan risalah pondok sangatlah memiliki peran penting untuk memberikan informasi hal keberadaan pesantren sebagai rumah ibu kandung kedua setelah ibu asli. Pesantren adalah model pendidikan budaya Nusantara yang sudah diadopsi oleh negara non muslim dengan sistem boarding school. Pendidikan pesantren sangat memberikan pengaruh kuat untuk lahirnya generasi berkarakter, berbudi kemuliaan. Sehingga pradaban yang maju, unggul, moderat sangat pas dengan model Indonesia yang majemuk dan beragam. Refleksi membangun mengembalikan fungsi pondok sebagai wadah membina ummat, melahirkan generasi dan pemimpin yang taqwa, ummat yang bersatu menjaga moderasi beragama dan lahirnya masyarakat yang di rithoi Allah SWT NKRI harga mati.

Dalam ceramah awal membuka acara kh. Hasan Hakam selaku penceramah tetap damai Indonesiaku yang disyiarkan ANTV, memulai pembukaan dengan sangat inspiratif mengajak jamaah agar mampu merefleksikan makna isra Mi’raj dalam ibadah kita lima waktu.

“Perjalanan Rasulullah menerima perintah sholat lansung hadir mengahdap Allah SWT secara lahir dan bathin baik jasadiyah maupun ruhiyah. Inilah dalam ilmuan modern diistilahkan dengan fisika dan meta pisika. Artinya dalam sholat kita semua harus terus latihan konsentrasi dengan menghadirkan jasad dan roh inilah yang disebut khsusu. Sehingga kita sholat jangan hanya jasad tapi pikiran tidak mampu kita kontrol sehingga bacaan sholat tidak terkoneksi dengan rohani. Model ibadah sprti ini yang tidak berbekas. Sejatinya ketika kita sholat dari awal sampai akhir harus terus kita jaga, sehingga bacaan terkoneksi dengan rohani sampai salam. Dengan demikian kita mampu menghadirkan jasad dan roh secara bersamaan dalam sholat”. Ungkapnya sangat bersemangat.

Kegiatan talkshow nasional ini diselenggarakan secara ofline pada hari senin Tgl 28 februari 2022 Pukul 14.00-17.00 wib merupakan kontribusi bersama antara pengurus Iqbal Jakarta selaku lembaga komunitas perkumpulan alumni Al-Amien wilayah Jakarta dengan pengurus DKM Masjid Al-ikhlas Kereo Tangerang Banten, instansi terkait dan Media massa. Melalui Talkshow ini, menurut presiden forum kebangsaan yang juga alumni Al-Amien Samianto Athar

” Talkshow ini penting dihadirkan ke publik upaya menginformasikan ke halayak lebih luas hal Pondok khususunya Al-Amien sebagai rumah pradaban membina, menjaga ummat, masyarakat, jamaah karena kekuatan yang paling tangguh cepat dalam penguatan generasi masa depan bangsa yang cerdas bermoral, kreatif hanya kita dapatkan lewat lembaga pendidikan yang memiliki visi besar. Menggali potensi peserta didik, mengasah bakat minat dan terutama menguatkan dasar pendidikan Quran yang bukan hanya menghafal tapi mengkaji dan mengamalkan. Model ini semua kita dapatkan di Pesantren. Keberadaan Pesantren sebagai wadah central pendidikan sangatlah penting dijadikan rujukan oleh pemerintah serta pembinaan terutama melengkapi sarana prasarana. Sehingga model merdeka belajar yang menjadi harapan pamerintah dapat lebih optimal dalam pengembangan bakat minat santri”. Jelas alumni marhalah Genoustica ini.

Lanjutnya, ” Dengan Talkshow ini diharapkan menjadi stimulus untuk membangkitkan kembali semangat kerjasama instansi terkait dengan Pondok Pesantren Al-Amien yang sudah memiliki alumni yang menyebar di seluruh Nusantara. Dengan berbagai macam profesi yang digeluti serta sudah banyak juga alumni yang mendirikan Pondok yang dapat juga dimasuki oleh semua masyarakat”. Terangnya.

Bertindak sebagai Pembicara dalam talkshow offline ini adalah Kh. Hasan Hakam, Penceramah damai Indonesiaku, Kh. Samson Rahman Alumni Alamien penterjemah La Tahzan, Kh. Saifurrahman Alumni Al-Amien pengasuh dan pendiri pondok Pesantren Babussalam Tangerang dan bertindak selaku sambutan mewakili panitia Varuqi.

Para Peserta talkshow adalah para pengurus BPH Iqbal serta seluruh pengurus wilayah se Jabodetabek. Hadir juga secara offline ketua wilayah DKM, Alumni lintas marhalah serta masyarakat luas dan jamaah lainnya. Yang datang dari semua penjuru sekitar Kereo Tangerang.

“Kami berharap talkshow offline isra mi’raj ini memberi manfaat bagi banyak pihak terutama warga masyarakat jamaah masjid yang berada di garda terdepan dalam memakmurkan masjid. Menjaga melestarikan budaya isra Mi’raj serta meneruskan informasi pondok ke seluruh warga di manapun berada. Sebagai alternatif pilihan utama dalam mendidik anak di masa masa akan datang.” Tutur kafrawie El Fath pengurus NWDI Jakarta Barat Besutan TGB.

acara lancar sangat meriah semarak dengan banyaknya peserta yang hadir memenuhi ruang masjid Al-Ikhlas baik jamaah peria dan wanita. Akhir acara dilanjutkan ramah tamah di rumah ust.Helmi alumni Tahfiz Alamien.( red)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Jaksa Agung RI Mutasi Besar-besaran, Pejabat Kejaksaan

26 Mei 2024 - 07:29 WIB

Majelis Taklim Balwan Ziarah di Makam Abah Anom Tujuan & Nawaitu menimba ilmu

25 Mei 2024 - 13:03 WIB

Kolaborasi DUDI, STIE Ganesha Bina UMKM Dimsum dan Budidaya Jangkrik di Tangerang Selatan

25 Mei 2024 - 12:49 WIB

HUT Ke -44 Keluruhan Pamulang Timur Semarak Penuh Ceria

25 Mei 2024 - 07:24 WIB

Hati-hati Penipuan Calon Haji Oknum ASN ” H S Asal Kab,Lotim Ntb

21 Mei 2024 - 01:35 WIB

Komunitas De’Power Mak-Mak Depok Hadiri Deklarasi IBH di Caringin, Bogor

19 Mei 2024 - 15:15 WIB

Trending di Tenar News