Menu

Mode Gelap
Pemkab Serang Diduga Serobot Lahan Eks Pasar Kragilan Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H,Warga Himalo Diaspora Gelar Doa Bersama Peradi Nusantara Berkomitmen untuk Menjadi Advokat Spesialis dengan Dukungan Ombudsman RI Konsolidasi dan Silaturahmi antara DPN dan DPD Peradi Nusantara Provinsi Jawa Barat Taufik Bagus Murdianto Calek NasDem Dapil III DKI Jakarta Konsen Terhadap Kesehatan

Ekonomi · 23 Feb 2022 04:55 WIB ·

SEJARAH BERDIRI MEDIA NASIONAL TENARNEWS PERJALANAN PANJANG DARI MAJALAH KE MENSOS


 SEJARAH BERDIRI MEDIA NASIONAL TENARNEWS PERJALANAN PANJANG DARI MAJALAH  KE MENSOS Perbesar


Tenarnews : Majalah TENAR terbit perdana di Jakarta pada era Orde Baru. Tepatnya tahun 1997. Pendiri dan pengelola H.M.Husniadi, S.Kom.PT EXSTAFETA EXSPRESS GROUP Jurnalis handal, kelahiran Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sebagai majalah dengan SIUPP (Surat Izin Usaha Penerbitan Pers) dari Departemen Penerangan kala itu, TENAR, memang tenar. Tenar, karena berita-berita nasional dan daerah yang disajikan menyentuh publik. Sirkulasinya beredar ke berbagai daerah, justru ketika pers yang terbit di daerah tergolong langka.

Rezim berganti. Presiden Soeharto lengser. Orde Baru berganti Orde Reformasi. Membawa perubahan dalam kehidupan berbangsa yang multi aspek. Salah satunya, di bidang pers.

Sejak Reformasi tahun 1998, media pers mulai menjamur, setelah rezim baru Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur memberi kemudahan pengurusan SIUPP. Hampir semua kabupaten/ kota di Tanah Air, memiliki media pers, terutama koran yang diterbitkan pada daerah setempat. Namun, sudah banyak pula yang gulung tikar. Salah satu sebab utamanya, karena tidak dikelola dengan manajemen profesional, baik di bidang usaha atau bisnis maupun di bidang redaksional atau pemberitaan. Tapi Majalah TENAR, tetap setia terbit mengunjungi pembacanya sampai berganti bentuk menjadi tabloid.

Saya sebagai Wakil Pemimpin Redaksi Tabloid TENAR kala itu, bersama pemimpin redaksi, mengantisipasi perjalanan media ini sudah jauh ke depan. Sudah siap menghadapi perubahan, apabila karang menghadang. Dan sekarang, kenyataan membuktikan, bahwa karang itu adalah arus deras globalisasi informasi sangat dahsyat mengubah banyak hal dalam kehidupan.

Sekarang, era peradaban baru. Peradaban digital. Peradaban online. Peradaban internet. Media pun butuh definisi baru. Seiring fenomena baru, bahwa semua orang bisa menjadi wartawan. Lewat berbagai platform medsos (facebook, instagram, twetter dan you tube). Siapa pun bisa tampil dan bicara di depan publik. Bisa menyebarkan informasi atau berita kepada publik.

Tokoh-tokoh dari berbagai profesi dan kalangan, termasuk pejabat pemerintah, dari pusat sampai daerah, khususnya selebrity tak perlu lagi jumpa pers. Tak perlu lagi undang wartawan. Mereka cukup cuit lewat twitter atau Instagram. Atau di You Tube dan Facebook untuk merilis berita. Kemudian wartawan mengutip dari medsosnya mereka. Diramu sedemikian rupa. Diperkuat referensi lain, dari sumber lain yang kompeten. Maka, jadilah berita pada media tempat masing-masing wartawan itu bekerja.

Mencari berita, seperti menghirup angin. Ada di mana-mana. Di mana saja, tinggal buka medsos atau portal online yang menjamur. Semua orang bisa memberi kabar, serta semua orang memiliki media itu sendiri. Kini, otoritas menyebarkan informasi atau berita, sejatinya bukan lagi hanya milik wartawan. Tapi, milik semua orang.

Karena itulah, Tabloid TENAR berubah menjadi TENARNEWS.COM dengan perusahaan penerbitan yang sama, dan tetap berbadan hukum yang sama pula, yaitu di bawah bendera tunggal PT EXSTAFETA EXSPRESS GROUP

TENARNEWS.COM seperti halnya ketika berbentuk tabloid dan majalah, mengemban cita-cita yang sama. Yakni, menjalankan peranan pers dengan sebaik-sebaiknya. Berdasarkan kebebasan pers yang profesional, sesuai Kode Etik Jurnalistik sebagai pedoman moral wartawan dan amanat Undang-Undang 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Semua awak TENARNEWS.COM menyadari, khususnya kami di jajaran pimpinan, belum bisa berharap menjadi media online besar di tengah karang yang membawa gelombang besar globalisasi informasi.Tapi kami punya modal dasar yang kuat dan kokoh. Yakni, keterpanggilan jiwa serta semangat jurnalis yang begitu kental. Naluri wartawan yang begitu dalam. Dan, pengalaman jurnalis yang begitu warna-warni. Sehingga kami mengetahui arah angin yang harus dilalui agar tidak terhempas karang dan gelombang besar disertai angin kencang berlabel peradaban digital dan internet yang ditandai portal online yang menjamur hingga ke pelosok desa terpencil.

Keterpanggilan kami itu, memantulkan emosi. Emosi adalah tekad menatakelola TENARNEWS.COM dengan jaringan TV9 melalui you tube untuk memproduksi berita yang bisa menggoda rasa, agar publik terangsang membaca dan terus ingin membaca. Namun, mengharap publik pembaca bersabar. Kami, baru memulai uji coba TENARNEWS.COM tayangan TV.

Ini kami lakukan untuk melayani publik, karena media pers adalah pelayan publik. Dapat berdialog dengan banyak orang
secara visual online. Kelihatan videonya. Terdengar suaranya.

Kami sedang berinovasi mengemas konten berita visual yang sedap dipandang mata, dan narasi redaksionalnya enak dibaca. Sehingga terkesan berkelas karena kualitas kontennya dengan berita pilihan terkini.

Akhirnya, kami harus bilang begini: “Perjalanan panjang, dimulai dari langkah pertama”.

Alhamdulillah. Tiap langkah, TENARNEWS.COM meraih kemenangan kecil. Kemenangan bertahan dari serangan dahsyat gelombang besar globalisasi informasi yang acapkali membonceng serta berita hoax.***Commenton Perjalanan Panjang DARI MAJALAH TENAR KE TENARNEWS.COM

Artikel ini telah dibaca 140 kali

Baca Lainnya

Jaksa Agung RI Mutasi Besar-besaran, Pejabat Kejaksaan

26 Mei 2024 - 07:29 WIB

Majelis Taklim Balwan Ziarah di Makam Abah Anom Tujuan & Nawaitu menimba ilmu

25 Mei 2024 - 13:03 WIB

Kolaborasi DUDI, STIE Ganesha Bina UMKM Dimsum dan Budidaya Jangkrik di Tangerang Selatan

25 Mei 2024 - 12:49 WIB

HUT Ke -44 Keluruhan Pamulang Timur Semarak Penuh Ceria

25 Mei 2024 - 07:24 WIB

Hati-hati Penipuan Calon Haji Oknum ASN ” H S Asal Kab,Lotim Ntb

21 Mei 2024 - 01:35 WIB

Komunitas De’Power Mak-Mak Depok Hadiri Deklarasi IBH di Caringin, Bogor

19 Mei 2024 - 15:15 WIB

Trending di Tenar News