Menu

Mode Gelap
Pemkab Serang Diduga Serobot Lahan Eks Pasar Kragilan Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H,Warga Himalo Diaspora Gelar Doa Bersama Peradi Nusantara Berkomitmen untuk Menjadi Advokat Spesialis dengan Dukungan Ombudsman RI Konsolidasi dan Silaturahmi antara DPN dan DPD Peradi Nusantara Provinsi Jawa Barat Taufik Bagus Murdianto Calek NasDem Dapil III DKI Jakarta Konsen Terhadap Kesehatan

Ekonomi · 2 Nov 2020 11:37 WIB ·

Penyeberangan Jalan Margonda Depok, Jadi Sorotan se-Asia


 ? Perbesar

?

Depok Tenarnews.com, Salah satu anak muda asal Indonesia, Husnul Khotimah, berhasil memenangkan kontes foto bertemakan tata kota yang diadakan oleh organisasi internasional se-Asia. Kontes foto ini diikuti berbagai negara dan permasalahan tata kota yang diangkat di Indonesia mendapat sorotan. Permasalahan itu adalah penyeberangan Jalan Margonda yang sangat berbahaya bagi pejalan kaki.

Husnul Khotimah merupakan anak muda lulusan Universitas Indonesia (UI) yang sudah tinggal di Depok selama hampir 7 tahun. Saat ini, ia bekerja di salah satu institusi internasional. Sebagai penghuni kota Depok, Husnul menyadari semrautnya sistem tata kota di Depok, terutama untuk pejalan kaki.

Foto karya Husnul Khotimah berhasil memenangkan penghargaan dalam kontes #BetterMyCity. Di foto itu, dia mengisahkan tentang penyeberangan jalan yang sangat berbahaya bagi pejalan kaki di Jalan Margonda, Depok. Ajang lomba sendiri diadakan oleh organisasi Internasioanl se-Asia yakni Cities Development Initiative of Asia (CDIA).

Sedangkan organisasi penyelenggara kontes foto ada di bawah naungan Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB). Acara ini, diadakan dalam dalam rangka merayakan Hari Kota Sedunia (World Cities Day) yang diselenggarakan resmi oleh PBB tanggal 31 Oktober setiap tahunnya.

Dalam foto tersebut, Husnul Khotimah menunjukkan betapa susahnya dia untuk menyeberang Jalan Margonda Raya yang selalu ramai dilalui oleh transportasi dengan kecepatan tinggi.

Tentu saja, hal ini tidak nyaman bagi para pejalan kaki yang harus melalui penyeberangan tersebut. Terutama jalur ini yang merupakan salah satu jalur utama yang harus dilalui masyarakat untuk pergi ke kampus UI atau stasiun UI ketika ingin berangkat bekerja ke Jakarta.

Bukan hanya menunjukkan kesulitannya, dalam foto tersebut, Husnul juga memberikan solusi dengan menambahkan sistem pelican crossing yang berfungsi untuk mengontrol kendaraan berkecepatan tinggi serta memberikan keamanan bagi para pejalan kaki.

Sistem pelican crossing juga dapat memberikan lingkungan yang inklusif bagi perempuan hamil, anak-anak, manula, serta disabilitas. Foto ini berhasil dibagikan lebih dari 2 ribu kali melalui laman facebook CDIA.

(RED03)

Artikel ini telah dibaca 68 kali

Baca Lainnya

Proyek Renovasi Kantor Gubernur NTB Dikerjakan Awal Agustus

22 Juli 2024 - 16:25 WIB

KOPERASI HKTI MINTA KORPORASI PERKEBUNAN TIDAK SEMENA MENA TERHADAP PETANI

17 Juli 2024 - 15:03 WIB

“SANG MUALLAF ” KISAH MENARIK UNTUK DI BACA DAN DI RENUNGKAN.

17 Juli 2024 - 05:46 WIB

DPRD Depok Gelar Rapat Paripurna, Persetujuan Raperda LPJ Anggaran 2023

16 Juli 2024 - 14:32 WIB

TRAMP Siap Hijaukan Dan Bersihkan Bantaran Sungai

16 Juli 2024 - 06:14 WIB

Daftar Kekayaan 34 Kapolda se-Indonesia, Ada yang 23 Miliar, Cek Sekarang

15 Juli 2024 - 12:14 WIB

Trending di Tenar News