Menu

Mode Gelap
Pemkab Serang Diduga Serobot Lahan Eks Pasar Kragilan Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H,Warga Himalo Diaspora Gelar Doa Bersama Peradi Nusantara Berkomitmen untuk Menjadi Advokat Spesialis dengan Dukungan Ombudsman RI Konsolidasi dan Silaturahmi antara DPN dan DPD Peradi Nusantara Provinsi Jawa Barat Taufik Bagus Murdianto Calek NasDem Dapil III DKI Jakarta Konsen Terhadap Kesehatan

Tenar News · 25 Mei 2024 12:49 WIB ·

Kolaborasi DUDI, STIE Ganesha Bina UMKM Dimsum dan Budidaya Jangkrik di Tangerang Selatan


 Kolaborasi DUDI, STIE Ganesha Bina UMKM Dimsum dan Budidaya Jangkrik di Tangerang Selatan Perbesar

Tangerang Selatan ,Tenarnews.com,-Sekelompok dosen dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ganesha melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan mengunjungi tempat produksi Dimsum dan Budidaya Jangkrik berlokasi di Jl. Benda Permai III, Kampung Parakan, RT 06 RW 09, Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan. Pondok Benda Pamulang. Sabtu (25/05/2024).

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB ini mengambil tema “Pembuatan Dimsum dan Budidaya Jangkrik untuk Kesejahteraan Masyarakat”. Acara dimulai dari kampus STIE Ganesha, diikuti dengan kunjungan ke lokasi usaha, dan berakhir kembali di kampus pada pukul 12.00 WIB.
Fisy Amalia, SE., MM., Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIE Ganesha, mengungkapkan bahwa tujuan dari PKM ini adalah untuk mengaplikasikan ilmu yang dimiliki oleh para dosen kepada masyarakat, sejalan dengan Tridarma Perguruan Tinggi. “Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kewajiban dosen untuk berbagi ilmu dan bekerja sama dengan masyarakat “. Kata Fisy.

Menurut Fisy, para dosen peserta diharapkan dapat melakukan riset terkait UMKM Dimsum dan budidaya jangkrik. Topik-topik riset yang akan digarap antara lain : Manajemen Rantai Pasok Digital dalam Budidaya Jangkrik, Pengaruh Digitalisasi terhadap Pemasaran dan Distribusi Produk UMKM, Analisis Keuangan UMKM di Era Digital, Tata Kelola Keuangan UMKM, dan Pelatihan serta Pengembangan Sumber Daya Manusia di UMKM.

Jhandriansyah, pengusaha Dimsum dan pembudidaya jangkrik, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan dosen-dosen STIE Ganesha.

” Kami sangat membutuhkan bimbingan dari STIE Ganesha untuk bisa berkembang lebih pesat, Ilmu yang disampaikan sangat membantu kami dalam meningkatkan efisiensi produksi, pemasaran, serta pengelolaan keuangan usaha,” ujarnya.

Tohiroh, SE., MM., Koordinator PKM, mengharapkan kegiatan ini dapat mengedukasi UMKM disini untuk naik kelas. “Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan wawasan baru dan membantu pengelolaan usaha budidaya jangkrik secara lebih profesional,” kata Tohiroh.

Pada acara tersebut, Sutariyono, S.SI., M.M., Dosen Prodi S1 Manajemen STIE Ganesha, memberikan presentasi mengenai Tata Kelola dan Tahapan Budidaya Jangkrik di era modern. Menurutnya, usaha ternak jangkrik memiliki prospek yang cerah mengingat berbagai manfaatnya dan harga jual yang kompetitif di pasar.

Melalui kegiatan ini, STIE Ganesha terus berupaya memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dan mendukung perkembangan UMKM lokal sebagai Fungsi menjalankan tridharma perguruan tinggi. ( Lppm)- Red)

Artikel ini telah dibaca 47 kali

Baca Lainnya

Cagub Miq Iqbal Deklarasi Bulan Depan

15 Juni 2024 - 11:55 WIB

MCMI, Ricma Dan Yayasan Masjid Cutmeutia Kolaborasi Wujudkan Dialog Kebangsaan

14 Juni 2024 - 15:36 WIB

Sejarah dan Hikmah Berkurban Idul Adha

14 Juni 2024 - 08:21 WIB

Perpisahan dan kenaikan kelas Siswa SMPN 3 Serang berjalan lancar

14 Juni 2024 - 00:55 WIB

Fatwa MUI Bukan di Perdebatkan, Melainkan di Amalkan

12 Juni 2024 - 15:28 WIB

Sistem Kelas Dihapus, Ini Iuran BPJS Kesehatan Senin, 10 Juni 2024

12 Juni 2024 - 02:34 WIB

Trending di Tenar News