Menu

Mode Gelap
Pemkab Serang Diduga Serobot Lahan Eks Pasar Kragilan Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H,Warga Himalo Diaspora Gelar Doa Bersama Peradi Nusantara Berkomitmen untuk Menjadi Advokat Spesialis dengan Dukungan Ombudsman RI Konsolidasi dan Silaturahmi antara DPN dan DPD Peradi Nusantara Provinsi Jawa Barat Taufik Bagus Murdianto Calek NasDem Dapil III DKI Jakarta Konsen Terhadap Kesehatan

Liputan Lainnya · 8 Apr 2022 07:06 WIB ·

Kadiskarpus Kota Depok ,Literasi Al-Quran Tingkatkan Keimanan dan Taqwa di Bulan Ramadhan


 Kadiskarpus Kota Depok  ,Literasi Al-Quran Tingkatkan Keimanan dan Taqwa di Bulan Ramadhan Perbesar

TENARNEWSTV9, DEPOK

Bulan Ramadhan disebut dengan syahrul qur’an atau bulan Alquran karena di bulan mulia itu kitab suci umat Islam diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Selain diwajibkan menjalankan ibadah puasa, Muslim juga dianjurkan banyak membaca/literasi Alquran dan mengkhatamkannya, karena dengan membaca Al-Quran di bulan Ramadhan
pahalanya akan dilipat gandakan.

Seperti tausiah di malam keenam bulan Ramadan yang disampaikan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah. Dalam tausiah nya yang bertajuk, Ramadan: Momentum Literasi Alquran Siti mengatakan, Nabi Muhammad SAW, para sahabat, para tabiin dan para salafus sholeh menjadikan Ramadan sebagai momentum meningkatkan semua amal kebaikan. Termasuk kegiatan membaca, menyimak, belajar mengajar, mentadaburi dan menghafal Alquran.

“Setiap huruf yang dibaca, disimak atau dihapal bernilai ibadah dan pahalanya dalam setiap huruf ada 10 kebaikan (hasanah). Maka, mari kita perbanyak literasi Alquran di bulan penuh berkah ini,” ujarnya, Kamis (08/04/22) kemarin.

Lebih jauh di katakan Siti, Alquran juga menjadi obat, petunjuk dan rahmat bagi orang beriman. Seperti yang dijelaskan dalam Alquran Surat Yunus ayat 57 yang berbunyi, “Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman”.

Sementara itu, menurut Alquran Surat Al-Isra ayat 82, Alquran adalah pelajaran dari Allah, obat penyakit hati (dada) dan rahmat bagi orang beriman. Lalu, di Surat Al-Baqarah ayat 2, Alquran adalah kitab yang pasti/kokoh, tidak ada keraguan dan petunjuk bagi orang-orang bertakwa.

Selain membaca Alquran, dalam tausyiah nya, Kadiskarpus Kota Depok juga mengajak untuk memperbanyak berdzikir dalam berbagai keadaan seperti ajuran Rasulullah. Dzikir terbaik adalah membaca Alquran dan bacaan terbaik adalah membaca Alquran dalam shalat.

“Semua kita pasti menghendaki kebaikan dan perbaikan. Dengan meningkatkan literasi Alquran kita berharap ada peningkatan kualitas keimanan dan ketakwaan kita,” tutupnya. (Emy,Anggi)

Artikel ini telah dibaca 20 kali

Baca Lainnya

KOPERASI HKTI MINTA KORPORASI PERKEBUNAN TIDAK SEMENA MENA TERHADAP PETANI

17 Juli 2024 - 15:03 WIB

“SANG MUALLAF ” KISAH MENARIK UNTUK DI BACA DAN DI RENUNGKAN.

17 Juli 2024 - 05:46 WIB

DPRD Depok Gelar Rapat Paripurna, Persetujuan Raperda LPJ Anggaran 2023

16 Juli 2024 - 14:32 WIB

TRAMP Siap Hijaukan Dan Bersihkan Bantaran Sungai

16 Juli 2024 - 06:14 WIB

Daftar Kekayaan 34 Kapolda se-Indonesia, Ada yang 23 Miliar, Cek Sekarang

15 Juli 2024 - 12:14 WIB

Mesra,” SS & H.Encep gelar Pengukuhan BARESS

14 Juli 2024 - 11:26 WIB

Trending di Tenar News