Menu

Mode Gelap
Pemkab Serang Diduga Serobot Lahan Eks Pasar Kragilan Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H,Warga Himalo Diaspora Gelar Doa Bersama Peradi Nusantara Berkomitmen untuk Menjadi Advokat Spesialis dengan Dukungan Ombudsman RI Konsolidasi dan Silaturahmi antara DPN dan DPD Peradi Nusantara Provinsi Jawa Barat Taufik Bagus Murdianto Calek NasDem Dapil III DKI Jakarta Konsen Terhadap Kesehatan

Tenar News · 22 Jun 2024 07:58 WIB ·

Melalui PKM Akademisi Soroti Tata Kelola Hewan Kurban yang Baik dan Sehat


 Melalui PKM Akademisi Soroti Tata Kelola Hewan Kurban yang Baik dan Sehat Perbesar

Tangerang Selatan ,Tenarnews tv9, – Pada hari Sabtu, 15 Juni 2024, dosen dan mahasiswa STIE Ganesha melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mengangkat tema “Pengelolaan Hewan Kurban yang Baik dan Sehat.” Kegiatan ini diadakan di Masjid Baiturrahman, Jl. Legoso Raya No. 31B, Rt 06 Rw 07, Kelurahan Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat serta pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baiturrahmah dalam praktik penyembelihan halal, serta tata kelola pengemasan dan pengolahan daging kurban. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan pengelolaan hewan kurban di Masjid Baiturrahman dapat ditingkatkan menjadi lebih efektif, efisien, dan sesuai dengan norma-norma agama dan kesehatan yang berlaku.

Syarif Hidayatullah, S.Kom., M.Kom., MM Wakil Ketua III STIE Ganesha menjelaskan tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kepada masyarakat serta pengurus DKM Masjid Baiturrahman mengenai penyembelihan dan pengolahan hewan kurban yang sesuai dengan prinsip halal dan baik. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya pengurus DKM Masjid Baiturrahman, dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait pengelolaan hewan kurban. Melalui pemahaman yang mendalam tentang praktik penyembelihan halal dan pengolahan daging kurban, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan potensi ekonomi dari ibadah qurban secara lebih optimal.

Lebih lanjut, menurut Koordinator PKM, Tohiroh, SE.,MM, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pelaksanaan ibadah kurban. Dengan memahami secara mendalam prosedur penyembelihan yang sesuai syariat Islam dan pengelolaan daging kurban yang baik, diharapkan masyarakat dapat melaksanakan ibadah ini secara mandiri dan terstruktur. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat rasa persatuan, gotong royong, dan kerja sama di antara masyarakat, terutama dalam konteks pelaksanaan ibadah kurban.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini menyasar beberapa kelompok, di antaranya : masyarakat umum, pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), dan dosen STIE Ganesha. Masyarakat umum diberikan edukasi dan pelatihan mengenai pengelolaan hewan kurban yang baik dan halal. Pengurus DKM Masjid Baiturrahman mendapatkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam praktik penyembelihan halal serta tata kelola pengemasan dan pengolahan daging kurban. Sementara itu, dosen STIE Ganesha memperoleh wawasan tambahan mengenai aspek praktis dalam pengelolaan hewan kurban, yang dapat mereka aplikasikan dalam pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat.

Manfaat dari kegiatan ini meliputi pengetahuan baru bagi masyarakat tentang tata cara penyembelihan halal dan pengelolaan daging kurban yang sesuai dengan ajaran agama Islam, pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan edukasi langsung dan demonstrasi, peningkatan kualitas pengelolaan hewan kurban oleh DKM Masjid Baiturrahman, serta potensi dampak ekonomi positif bagi masyarakat dalam konteks pengelolaan hewan kurban.

STIE Ganesha, yang memiliki tiga program studi yaitu : S1 Manajemen, S1 Akuntansi, dan S2 Manajemen, berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pengembangan masyarakat melalui berbagai kegiatan pengabdian yang relevan dan bermanfaat. Dengan adanya kegiatan ini, STIE Ganesha berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat solidaritas sosial di lingkungan sekitar.( Red .01 PR )

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Proyek Renovasi Kantor Gubernur NTB Dikerjakan Awal Agustus

22 Juli 2024 - 16:25 WIB

KOPERASI HKTI MINTA KORPORASI PERKEBUNAN TIDAK SEMENA MENA TERHADAP PETANI

17 Juli 2024 - 15:03 WIB

“SANG MUALLAF ” KISAH MENARIK UNTUK DI BACA DAN DI RENUNGKAN.

17 Juli 2024 - 05:46 WIB

DPRD Depok Gelar Rapat Paripurna, Persetujuan Raperda LPJ Anggaran 2023

16 Juli 2024 - 14:32 WIB

TRAMP Siap Hijaukan Dan Bersihkan Bantaran Sungai

16 Juli 2024 - 06:14 WIB

Daftar Kekayaan 34 Kapolda se-Indonesia, Ada yang 23 Miliar, Cek Sekarang

15 Juli 2024 - 12:14 WIB

Trending di Tenar News