Menu

Mode Gelap
Pemkab Serang Diduga Serobot Lahan Eks Pasar Kragilan Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H,Warga Himalo Diaspora Gelar Doa Bersama Peradi Nusantara Berkomitmen untuk Menjadi Advokat Spesialis dengan Dukungan Ombudsman RI Konsolidasi dan Silaturahmi antara DPN dan DPD Peradi Nusantara Provinsi Jawa Barat Taufik Bagus Murdianto Calek NasDem Dapil III DKI Jakarta Konsen Terhadap Kesehatan

Ekonomi · 16 Sep 2021 08:38 WIB ·

MENGENTASKAN MASALAH KEMISKINAN MASYARAKAT DEPOK, WALIKOTA LUNCURKAN KDS.


 MENGENTASKAN MASALAH KEMISKINAN MASYARAKAT DEPOK, WALIKOTA LUNCURKAN KDS. Perbesar

Tenarnews, Depok- pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah resmi meluncurkan Kartu Depok Sejahtera (KDS) di Aula Teratai Balai Kota Depok, Rabu(15/09/21)

Peresmian kartu pertama dengan ragam layanan bantuan sosial bagi warga kurang mampu di Kota Depok ini di resmikan langsung oleh Walikota Depok, Mohammad Idris dan Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono serta di hadiri Ketua DPRD Kota Depok,
T.M Yusufsyah Putra dan perwakilan warga penerima KDS.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan KDS adalah bentuk perhatian Pemkot Depok kepada masyarakat Depok yang kurang mampu secara ekonominya serta yang terdampak Covid-19.

“Kami berharap melalui KDS, dapat mengangkat derajat masyarakat kurang mampu
serta mengentaskan masalah kemiskinan, khususnya bagi warga yang telah tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Depok, maupun masyarakat miskin Kota Depok yang belum tercatat dalam DTKS, ” tutur Idris.

KDS mengintegrasikan data penerima tujuh layanan manfaat. Di antaranya Pelayanan Kesehatan gratis melalui Bantuan Iuran PBI-APBD Depok, bantuan Pendidikan bagi siswa dan Mahasiswa Berprestasi, Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Bantuan Santunan Kematian (Sankem), Bantuan Ketersediaan Pangan, Bantuan Lansia dan Disabilitas, Pelatihan Keterampilan dan Penyaluran Kerja.

” Pemkot Depok bertekad menjadikan warga kurang mampu sebagai prioritas melalui mekanisme yang mudah, simple dan aksesabel bagi warga kurang mampu, ” ujar nya.

Secara bertahap, lanjut Idris, bantuan ini akan di salurkan. Dan penerima bantuan adalah khusus bagi masyarakat kurang mampu, lansia, disabilitas yang masuk dalam DTKS maupun masyarakat miskin yang belum masuk DTKS sesuai peraturan perundang undangan.

Dalam peluncuran KDS tersebut, Pemkot Depok juga menyalurkan sedikitnya 4.000 BPJS PBI, 1.744 Renovasi Rumah Tidak Layak huni (RTLH), 3.000 Bantuan Pangan bagi Lansia dan Disabilitas, 923 Santunan Kematian, 8.770 Bantuan Siswa SD/MI, 459 Bantuan Siswa SLB, 6.872 Bantuan Siswa SMP/MTS sederajat, 774 Bantuan Siswa SMK Sederajat dan 40 Bantuan Pelatihan keterampilan dan penyaluran kerja.

KDS akan distribusikan dalam dua bentuk. Yakni ATM Berbasis Kartu Keluarga (KK), dan ATM individu Bagi siswa didik Kurang mampu dari Jenjang SD hingga pendidikan tinggi.

Idris mengharapkan, melalui KDS masyarakat Depok dapat terbantu dan terlepas dari himpitan ekonomi.

“Kami tentunya akan memonitor agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran bagi warga yang benar-benar membutuhkan,” tegas Walikota Depok. (Moer/Emy)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

KOPERASI HKTI MINTA KORPORASI PERKEBUNAN TIDAK SEMENA MENA TERHADAP PETANI

17 Juli 2024 - 15:03 WIB

“SANG MUALLAF ” KISAH MENARIK UNTUK DI BACA DAN DI RENUNGKAN.

17 Juli 2024 - 05:46 WIB

DPRD Depok Gelar Rapat Paripurna, Persetujuan Raperda LPJ Anggaran 2023

16 Juli 2024 - 14:32 WIB

TRAMP Siap Hijaukan Dan Bersihkan Bantaran Sungai

16 Juli 2024 - 06:14 WIB

Daftar Kekayaan 34 Kapolda se-Indonesia, Ada yang 23 Miliar, Cek Sekarang

15 Juli 2024 - 12:14 WIB

Mesra,” SS & H.Encep gelar Pengukuhan BARESS

14 Juli 2024 - 11:26 WIB

Trending di Tenar News