Menu

Mode Gelap
Pemkab Serang Diduga Serobot Lahan Eks Pasar Kragilan Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H,Warga Himalo Diaspora Gelar Doa Bersama Peradi Nusantara Berkomitmen untuk Menjadi Advokat Spesialis dengan Dukungan Ombudsman RI Konsolidasi dan Silaturahmi antara DPN dan DPD Peradi Nusantara Provinsi Jawa Barat Taufik Bagus Murdianto Calek NasDem Dapil III DKI Jakarta Konsen Terhadap Kesehatan

Pendidikan · 26 Feb 2023 12:07 WIB ·

IKLAN CV .GEMA USAHA AMANAH


 IKLAN CV .GEMA USAHA AMANAH Perbesar

Redaksi ” Media Nasional Tenarnewstv9,- Bagaimana membedakan Perbedaan Konsep Pintar, Pandai, Cerdas, dan Cerdik? kira-kira disini ada yang tau?

Jika demikian mari salin berbagi dan bertukar pikiran. Tinggalkan pendapat kalian di kolom komentar ya, makasih.

Pintar, cerdas, Cerdik dan Pandai adalah kata yang berbeda, dan makna berbeda pula, tapi kadang kata ini digunakan untuk hal yang sama. Mengetahui perbedaan pintar dan cerdas, perbedaan cerdas dan jenius, maupun perbedaan pintar dan jenius, terlebih harus dahulu mengetahui pengertian masing-masing.

Kira-kira apa saja Perbedaan antara Konsep Pintar, Pandai, Cerdas, dan Cerdik. Atau 4 konsep ini menurut Pemersa Pembaca setia Tenarnews.com, jika melihat dari simbolis memang terlihat sama saja. Akan tetapi memiliki arti dan makna yang berbeda

Mari kita membahas lebih dalam…

1. Pintar

Pintar = orang yang mendapatkan ilmu pengetahuan dari belajar secara runut / teori. Biasanya disebut ahli, dan butuh skala nilai pengakuan kepintaran (raport, sertifikat, piagam, piala dan sebagainya).

Jadi pintar adalah orang yang benar- benar menguasai suatu bidang. Ataupun terkadang orang yang pintar biasanya menguasai bidang lain juga. Akan tetapi dibidang lainnya iya hanya jadikan soft skill saja.

Dan untuk meraih kepintaran ini tidak langsung diberikan oleh Alloh SWT, saat dilahirkan, Akan tetapi secara alamiah. dengan terus beradaptasi dengan lingkungan dan terus belajar maka tingkat kepintaran seseorang juga akan semakin tinggi.

Jadi kepintaran dapat diraih dengan proses yang begitu lama .

2. Cerdas 

Cerdas = fungsi otak yang diatas rata-rata manusia. Biasanya cenderung ke daya kreatifitas, pola pikir diluar umum dan logika. Pengakuan hanya sebatas lisan dan pengamatan orang lain lewat test khusus yang rumit (psikotes)

Cerdas adalah sebutan untuk orang-orang yang tidak terlalu teratur dan tidak terlalu disiplin tetapi ia selalu mampu mengerjakan apa yang diperintahkan dengan baik. Orang cerdas mampu mencerna segala sesuatunya dengan sangat sempurna.

Seperti yang diulas diatas bahwa Cerdas adalah memiliki kemampuan menyelesaikan beberapa masalah tanpa pernah mempelajari atau dianggap tidak pernah mempelajari masalah itu.

Dan hal ini jelas berbeda dengan konsep Pintar. Konsep pintar dapat diraih dengan hasil belajar. Sementara Cerdas tidak membutuhkan belajar untuk mengatasi atau memperdalam suatu kasus,

3. Pandai 

Pandai = ahli dalam mengolah motorik untuk menghasilkan sesuatu. Bedanya dengan pintar, pandai cenderung ahli dalam praktek.

Pandai memiliki kesamaan dengan pintar. Yang membedakan adalah Pintar lebih cenderung terhdadap materi. Sementara pandai lebih cenderung terhdap praktek dalam menangani atau mengatasi masalah dengan cara sempurna, cepat dan tepat.

4. Cerdik 

Cerdik = memiliki kemampuan untuk melihat peluang yang tidak dipikirkan orang lain.

Sementara orang yang termasuk dalam tipe ini adalah orang yang mampu berpikir peluang yang baru. Orang yang mampu menciptakan ide melalui kejeniusan yang ia miliki. Jadi jelas berbeda dengan cerdik.

So secara keseluruhan Pintar=BelajarCerdas = Mengatasi masalah tanpa belajarPandai = Praktek tanpa MateriCerdik = Menciptakan Ide/si Pemikir.

Jadi itu adalah perbedaan konsep meski memiliki sama-sama arti yang agak sama, akan tetapi memiliki konsep alur sendiri, jadi jangan salah kaprah

Jika kalian punya pendapat lain atau memiliki ide kesamaan tetapi memiliki makna yang berbeda, boleh ditambahkan di kolom komentar ya..( Red ) di bawah and klu ada kesalahan mohon di koreksi

Artikel ini telah dibaca 1,441 kali

Baca Lainnya

Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas PTIQ Jakarta Melakukan Kunjungan ke Unit Penyandang Disabilitas (UPD).

27 November 2023 - 04:17 WIB

Himpunan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (Himakopi) & Dema Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (Dema FUD) mengadakan Focus Group Discussion

23 Oktober 2023 - 15:46 WIB

Peringati hari lahir, HIPMAT Gelar khataman Al-qur’an dan doa bersama.

23 Oktober 2023 - 14:49 WIB

Kembangkan soft skill, Ikatan Mahasiswa Sasak (IMSAK) Jakarta gelar sekolah kepenulisan.

17 Oktober 2023 - 23:57 WIB

Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas PTIQ Jakarta Melakukan Kunjungan ke Radio Republik Indonesia (RRI)

11 Oktober 2023 - 15:49 WIB

Lanjutkan roda kepemimpinan, HIMAS Universitas PTIQ Jakarta gelar pemilihan umum.

3 Oktober 2023 - 02:59 WIB

Trending di Pendidikan