Menu

Mode Gelap
Pemkab Serang Diduga Serobot Lahan Eks Pasar Kragilan Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H,Warga Himalo Diaspora Gelar Doa Bersama Peradi Nusantara Berkomitmen untuk Menjadi Advokat Spesialis dengan Dukungan Ombudsman RI Konsolidasi dan Silaturahmi antara DPN dan DPD Peradi Nusantara Provinsi Jawa Barat Taufik Bagus Murdianto Calek NasDem Dapil III DKI Jakarta Konsen Terhadap Kesehatan

Tenar News · 3 Jun 2022 03:56 WIB ·

Kesbangpol DKI BerKolaborasi Bersama Ormas Sosialiasi Moderasi .


 Kesbangpol DKI BerKolaborasi Bersama Ormas Sosialiasi Moderasi . Perbesar

Tenarnewstv9- Upaya menjaga kerukunan kehidupan berbangsa bernegara yang akhir akhir ini terus mendapatkan gejolok atas ujaran kebencian yang semakin hari kian meresahkan kehidupan berbangsa bernegara. DKI sebagai kota kolaborasi melakukan sosialisasi moderasi angkatan ke – 2. Acara merekatkan, menjaga serta sosialisasi moderasi beragama oleh kesbangpol sebagai pilar instansi terdepan yang menjaga persatuan dan makna kebhinekaan untuk NKRI sebagai negri Pancasila.

Acara ini terselenggara dimotori oleh kesbangpol DKI bekerjasama dengan ormas di wilayah DKI. Kontekstualisasi gerakan ini selaras dengan ajaran dan Nilai Pancasila yang harus selalu dihidupkan dalam perilaku. Itu kemudian acara ini mengambil tema “
Merajut tali persatuan dalam prespektif moderasi beragama dalam membangun “.

Membuka acara mewakili Kepala Kesbangpol bapak Ahmad Yani; “Kita ini beragam maka kita haruslah satu sama lain saling mengenal. Maka, duduknyapun dalam satu lingkaran meja yang ada harus digabungkan antara ormas satu dengan yang lain tidak boleh berbarengan, harus berbaur. Tujuan kita berkumpul bukan selesai sampai disini tapi ke depan harus berkesinambungan membangun Jakarta bersama. Kami siap mensport semua kegiatan ormas selanjutnya. Ini adalah wahana kita membangun kerjasama”. Paparnya.

Penataran keormasan di wilayah DKI untuk menjalankan agenda pemantapan dan sosialisasi upaya mendekatkan memberikan pemahaman ummat /pemeluk agama agar memahami ajaran agamanya dengan benar.

Dalam pemaparannya Dr.H.wawan Junaidi,MA Kep. pusat kerukunan beragama kementrian agama sangat memberikan pencerahan kepada hadirin yang hadir.

” Kesalahan pemahaman tentang moderasi akibat membaca litrasi yang salah apalagi makna dan contoh yang disuguhkan oleh google. Ini harus menjadi perhatian semua kita kalangan ormas agar dapat memberikan pencerahan yang benar terhadap ajaran agama. Semua agama sudah moderat tinggal pemeluknya yang mesti paham dengan ajaran kitabnya. Kementrian agama sendiri dalam LPJRM 2022-2024 khusus ada bab ” tata kelola kerukunan beragama moderasi beragama”. Inilah yang akan menjadi fokus kami kedepan.

Dalam Islam sendiri agama berlandaskan sumber ; Qur’an, hadist, ijma, qiyas. Suatu contoh Muslim itu adalah yg tidak menyakiti dengan lisan dan tangannya alias perbuatannya. (hadist). Kemudian Barang siapa yang membunuh satu orang diantara kalian maka seolah olah sudah membunuh semua manusia. (Firman). Dilarang bagi kamu sholat di pinggir jalan trotoar.(hadits).
Agama sangat jelas sudah melarang hal demikian tapi sebagian kelompok melakukannya dengan ekstrim. Jadi kondisi demikian yang keliru adalah pemeluknya yang kurang memahami agamanya. Intinya yang dimoderasi itu adalah ummatnya pengikutnya pemeluknya. Moderasi pokok ada 4 all ; anti kekerasan, komitmen kebangsaan, toleran , menerima lokal budaya”. Demikian ulasan beliau singkat jelas berharga sebagai pondasi untuk pencerahan ummat.

Himalo Himpunan Masyarakat Lombok Rantau sebagai salah satu peserta berpandangan ;” Kegiatan semacam ini tidak cukup hanya sekali dua kali tapi harus lebih intensif serta penting Kesbangpol, kemntrian terkait terutama kemenag dan kementrian dalam negri duduk bersama ormas untuk merancang melakukan kerja kongkrit turun bersama ditengah tengah ummat. Jadikanlah ormas sebagai partner atau Konsultan dalam menyusun rancangan strategis karena ormas yang paham kondisi ummat dibawah”. Ujarnya

Lanjutnya, “Kementrian dan kesbagpol harus sudah merevolusi cara pandang dan pendekatan serta langkah strategis bersama ormas turun di tengah masyarakat luas. Dengan program bimbingan dan pembinaan yang berkesinambungan. Bukan hanya pendekatan cermah dari mimbar ke mimbar yang sudah ketinggalan zaman”. Jelasnya.

Acara sosialisasi kebangsaan kali ini diikuti oleh seratus peserta dari enam puluh delegasi ormas dengan mengirim utusan masing² dua orang. Acara dibuka tepat pukul 08.00 – 12.00 wib. Berlokasi di Arion hotel Rawamangun. Suasana acara sangat meriah penuh kekeluargaan. 2/6/22. (red)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Jaksa Agung RI Mutasi Besar-besaran, Pejabat Kejaksaan

26 Mei 2024 - 07:29 WIB

Majelis Taklim Balwan Ziarah di Makam Abah Anom Tujuan & Nawaitu menimba ilmu

25 Mei 2024 - 13:03 WIB

Kolaborasi DUDI, STIE Ganesha Bina UMKM Dimsum dan Budidaya Jangkrik di Tangerang Selatan

25 Mei 2024 - 12:49 WIB

HUT Ke -44 Keluruhan Pamulang Timur Semarak Penuh Ceria

25 Mei 2024 - 07:24 WIB

Hati-hati Penipuan Calon Haji Oknum ASN ” H S Asal Kab,Lotim Ntb

21 Mei 2024 - 01:35 WIB

Komunitas De’Power Mak-Mak Depok Hadiri Deklarasi IBH di Caringin, Bogor

19 Mei 2024 - 15:15 WIB

Trending di Tenar News