Menu

Mode Gelap
Pemkab Serang Diduga Serobot Lahan Eks Pasar Kragilan Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H,Warga Himalo Diaspora Gelar Doa Bersama Peradi Nusantara Berkomitmen untuk Menjadi Advokat Spesialis dengan Dukungan Ombudsman RI Konsolidasi dan Silaturahmi antara DPN dan DPD Peradi Nusantara Provinsi Jawa Barat Taufik Bagus Murdianto Calek NasDem Dapil III DKI Jakarta Konsen Terhadap Kesehatan

Liputan Lainnya · 25 Jul 2021 06:24 WIB ·

DIN SYAMSUDDIN BICARA MAKNA HIJRAH dI DEPAN SANTRI DAN PENDIDIK PMI DEA MALELA DI SUMBAWA


 DIN SYAMSUDDIN BICARA MAKNA HIJRAH dI DEPAN SANTRI DAN PENDIDIK PMI DEA MALELA DI SUMBAWA Perbesar

Jakarta, TenarNews TV9 –
Bertempat di Masjid Saidah, Kampus Olat Utuk Pesantren Modern Internasional Dea Malela (PMI Dea Malela) Sumbawa, Prof Din Syamsuddin menyampaikan tausiyah shubuh pada Ahad pagi, (25/07) di hadapan para santri dan pendidik.

Dalam situasi pandemi covid-19 yang semakin mencekam, bahkan Kedubes Saudi dan Jepang menginstruksikan warganya agar meninggalkan Indonesia, Prof Din mengajak semua hadirin untuk bersyukur kepada Allah.

“Sangat bersyukur, bisa melaksanakan proses pendidikan dan pengajaran dengan normal tanpa harus melalui daring atau online. Bisa melaksanakan semuanya dengan tatap muka. Namun saya berpesan, agar tetap meningkatkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun,” tandasnya.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah dua periode ini mengingatkan, agar para santri bersungguh sungguh (Badzlul juhdi) memanfaatkan kesempatan menuntut ilmu di PMI Dea Malela dengan sebaik baiknya.

Sebab pada hakikatnya, kata Prof Din, keberadaan para santri di pesantren ini merupakan proses jihad ilmi yang akan dimudahkan jalannya menuju surga.

من سلك طریقا یلتمس فیه علما سهل الله له طریقا الی الجنۃ

Barangsiapa berjalan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan mempermudah jalan menuju surga.

Ditegaskan, didalam proses menuntut ilmu, juga harus dibarengi dengan kesungguhan berhijrah, kesiapan untuk mau merubah diri menjadi lebih baik:

اَلَّذِیۡنَ اٰمَنُوۡا وَ هاجَرُوۡا وَ جٰہَدُوۡا فِیۡ سَبِیۡلِ اللّٰہِ بِاَمۡوَالِہِمۡ
وَ اَنۡفُسِہِمۡ ۙ اَعۡظَمُ دَرَجَۃً عِنۡدَ اللّٰہِ ؕ وَ اُولٰٓئِکَ ہُمُ الۡفَآئِزُوۡنَ﴿۲۰

Barangsiapa yang beriman, berhijrah dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwanya, maka akan mendapat derajat kedudukan yang agung di sisi Allah dan merekalah orang orang yang mendapatkan kemenangan. (QS At Taubah 19-22).

Di akhir tausiyahnya, Prof Din menekankan pentingnya merubah mental dan mindset (pola pikir) yang sebelumnya tidak baik menjadi lebih baik. Mau berubah dan siap untuk berubah, karena sesungguhnya Allah tidak akan merubah suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri yang merubahnya. Segala sesuatunya tergantung kepada usaha diri sendiri.

Sebelumnya, pada Sabtu malam tadi di tempat yang sama, Prof Din menggelar kajian secara virtual tentang Islam dan Peradaban (simak videonya). (DM 02)

Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Proyek Renovasi Kantor Gubernur NTB Dikerjakan Awal Agustus

22 Juli 2024 - 16:25 WIB

KOPERASI HKTI MINTA KORPORASI PERKEBUNAN TIDAK SEMENA MENA TERHADAP PETANI

17 Juli 2024 - 15:03 WIB

“SANG MUALLAF ” KISAH MENARIK UNTUK DI BACA DAN DI RENUNGKAN.

17 Juli 2024 - 05:46 WIB

DPRD Depok Gelar Rapat Paripurna, Persetujuan Raperda LPJ Anggaran 2023

16 Juli 2024 - 14:32 WIB

TRAMP Siap Hijaukan Dan Bersihkan Bantaran Sungai

16 Juli 2024 - 06:14 WIB

Daftar Kekayaan 34 Kapolda se-Indonesia, Ada yang 23 Miliar, Cek Sekarang

15 Juli 2024 - 12:14 WIB

Trending di Tenar News